Setelah Tujuh Tahun Andy Murray Akhirnya Menempati Posisi Satu Dunia



Emasbet.com ~ Pada tahun 2009 silam Andy Murray telah menembus peringkat dua dunia. Setelah Tujuh Tahun Andy Murray Akhirnya Menempati Posisi Satu Dunia.

Murray dipastikan menggeser Djokovic di posisi satu peringkat ATP setelah memastikan diri maju ke final Paris Masters 2016, Sabtu (5/11/2016) malam WIB. 

Keberhasilan itu dicapai petenis Skotlandia tersebut setelah bertahun-tahun lamanya, tepatnya tujuh tahun setelah Murray kali pertama menginjak peringkat dua dunia pada 17 Agustus 2009. Total 76 pekan sudah ia habiskan di posisi tersebut.

Berikut catatan lain seputar pencapaian Murray itu seperti dirangkum dari BBC dan ATP World Tour

- Murray merupakan petenis ke-26 yang menempati peringkat pertama semenjak peringkat terkomputerisasi dimulai pada 1973. Peringkat seorang pemain sendiri ditentukan oleh hasil 18 turnamen terbaiknya pada 52 pekan sebelumnya.

- Murray merupakan petenis tertua kedua yang menjalani debut di peringkat satu dunia, di bawah John Newcombe yang berumur 30 tahun dan 11 hari ketika sampai ke peringkat teratas pada 1974.

- Murray memegang rekor dalam hal durasi terlama sedari menempati peringkat dua dunia sampai akhirnya naik ke peringkat pertama (7 tahun, 2 bulan).

- Sejak Juni 1984, ada tujuh pemain yang tidak pernah mencapai peringkat satu dunia setelah sampai ke posisi dua; Michael Stich, Goran Ivanisevic, Michael Chang, Petr Korda, Alex Corretja, Magnus Norman, dan Tommy Haas.